Tantangan di Trimester Kedua

Banyak yang bilang trimester kedua adalah masa kehamilan yang paling menyenangkan. Tapi balik lagi dengan kata-kata ajaib, "setiap kehamilan adalah istimewa", jadi tidak semua orang juga merasakan kehamilan di trimester kedua adalah masa yang paling menyenangkan. Buat saya, trimester kedua yang ditunggu-tunggu itu ternyata masih sama menyulitkannya kayak di trimester pertama. Saya masih mual di trimester kedua, masih belum bisa makan karena muntah mualnya masih ada.

Nah, di trimester kedua ini saya sempet jalan-jalan ke Kalimantan, ya sejenis baby moon yang tidak terlalu menyenangkan. Soalnya mual muntah masih ada, gak bisa makan apa-apa kecuali roti, cium-cium makanan mual. Ya pokoknya tidak terlalu menyenangkan.

Di trimester kedua, baby bump yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul. Senang sekali rasanya ketika si baby bump ini muncul seolah kehamilan yang dirasakan semakin nyata. Di trimester kedua ini juga saya mengadakan acara 4 bulanan untuk mensyukuri ditiupkannya ruh ke tubuh bayi dalam kandungan saya ini. Oh ya, berdasarkan artikel-artikel kesehatan katanya gerakan bayi ini belum terasa sampai kehamilan di minggu ke 20 sampai 22 apalagi di kehamilan pertama, tapi saya justru merasakan tendangan jarak jauhnya Kojiro Hyuga dari si bayi ini di minggu ke 16. Saat itu saya dibangunin sama suami untuk sholat ashar kemudian suami ngelus-ngelus perut saya sambil ngobrol. Tiba-tiba dari dalam perut saya yang baru menggembung sedikit ini terasa sentilan. Saya dan suami langsung menjerit histeris setelah kejadian itu. Mudah sekali menggambarkan kejadian sore itu dalam beberapa kalimat, tapi sampai saat ini masih lekat diingatan saya betapa bahagianya kami menjadi orangtua.

Di trimester kedua ini kami ngecek kandungan lagi, berat badan saya ternyata naik 2 kilogram. Itu saya udah seneng banget karena akhirnya naik juga. Sebelum hamil berat badan saya 50, di minggu-minggu awal hamil berat badan saya naik ke 52 kemudian pas periksa di kehamilan 8 minggu berat badan saya turun jadi 50 kilo. Nah, di kehamilan minggu 20 itu berat badan saya naik 2 kilo, alhamdulillah. Meskipun kebahagiaan saya yang naik berat badan itu masih dimanyunin sama suami karena suami saya pengennya berat badan saya naiknya lebih banyak.

Di kehamilan 20 minggu ini, saya dan suami coba USG 4 dimensi. Udah gak bisa dideskripsiin deh bagaimana absurdnya kami sebagai new parent, anaknya masih kurus dalam kandungan udah mau diintip aja. Ternyata Allah dan si bayi berkehendak lain, ketika di USG 4 dimensi di usia kehamilan 20 minggu ini, si bayi keukeuh menutupi setengah wajahnya dengan tangannya. Udah diputer kesana-kesini sama dokternya, diolo, dielus-elus, sampai USG berjalan setengah jam dan perut Ibunya udah kedinginan, si bayi masih tetep nutupin wajahnya.


Ya sudah, saya harus puas meskipun cuma liat bagian matanya doang deh. Setelah USG ini apakah kami coba USG 4 dimensi lagi? Nggak. Ada hal lain yang lebih urgent dibandingkan USG 4 dimensi untuk tau wajah si bayi. Soalnya dari awal saya dan suami kepentingannya hanya pengen tahu apakah si bayi ini pertumbuhannya normal atau engga, organnya lengkap atau engga, ada kelainan atau engga, itu aja. Selama semuanya baik-baik aja, insyaAllah bagaimanapun rupa si bayi kami ini, kami menyambutnya dengan rasa bahagia yang meletup-letup di dada.

Meskipun di trimester kedua ini saya masih mual, tapi pelan-pelan nasi udah bisa masuk. Dari yang awalnya sesendok per hari, jadi dua sendok, kemudian sekarang (kehamilan saya ketika ngetik tulisan ini adalah 33 minggu) bisa makan 2 centong nasi plus nambah tiap makan. Tapi memang saya gak merasakan kenyamanan di trimester kedua seperti yang orang lain rasain, justru di trimester kedua ini perut saya sering tegang.

Di akhir trimester kedua ini saya USG lagi, tapi kali ini tujuannya cuma sekedar biar tau posisi si bayi ini gimana. Nah, berdasarkan pengamatan dokter ternyata kepala bayi saya udah di bawah. Yang bikin agak khawatir adalah orang-orang bilang kalau perut saya ini udah turun ke bawah. Perut yang udah turun ke bawah ini menurut orang-orang udah siap banget lahir. WHAT? Saya justru panik di akhir trimester kedua ini karena orang-orang bilang kayak gitu ke saya. Setiap kali perut saya tegang, saya akhirnya ngajak ngobrol si bayi, "mau kemana ari baby? Baru juga mau 7 udah di bawah, santai aja sini sama Ibu sampe 9 bulan ya." Obrolan itu saya ulang-ulang terus setiap kali perut saya kenceng.

Setelah USG terakhir saya itu, saya udah masuk 7 bulan kan (30 minggu) dan saya USG lagi. USG kali ini menunjukkan hasil yang berbanding terbalik dengan USG beberapa minggu lalu. Baby Kiu ternyata sungsang. Kepalanya ada di bagian perut sebelah kanan dekat dengan rusuk saya. Itu bikin saya kaget lagi, kok bisa sungsang? Kapan muternya???

Cerita trimester ketiga dimulai setelah ini. Lanjut di tulisan selanjutnya aja ya. :)

Comments