Catatan Kehamilan Pertama: Drama muntah dan USG kedua

Di cerita sebelumnya saya udah cerita betapa excitednya saya sebagai new mom dan perintilan drama awal kehamilan. Nah, drama awal kehamilan ini masih juga saya rasakan sampai di kehamilan yang menuju 12 minggu ini. Mual masih tetap ada, bahkan kayak for the first time in forever saya muntah. Pendahuluan dulu ya, semenjak SD saya ini mulai menahan-nahan diri kalo mau muntah karena after taste setelah muntah itu gak enak banget, ya gak usah ditanyalah ya. Nah, bertahun-tahun bertahan dalam pendirian gak mau muntah dan muntah-muntahan, tiba-tiba si pendirian itu hancur di suatu sore ketika kehamilan saya mau masuk 10 minggu dan katanya emang kehamilan di 10 minggu itu adalah "terberat" di rasa mual dan muntahnya.

Sore itu saya habis makan roti, makan buah dan minum kemudian sekitar satu jam kemudian saya cium bau gak enak banget dari luar rumah, awalnya mual terus gak lama reflek muntah keluar. Saya pikir cuma reflek muntah biasa karena sebelumnya juga udah sering kayak gitu tapi gak pernah sampe keluar beneran. Eh, sore itu, reflek muntahnya bukan alarm palsu, saya muntah dan langsung lari ke kamar mandi buat ngebuang muntahan yang saya tahan di dalam mulut. Saya muntah beberapa kali dan saya sama sekali ga bisa nahan keinginan untuk muntah. Rasanya saat itu muntahan gak akan berhenti andai perut saya diisi banyak makanan. Saya langsung inget sama makanan sebelumnya yang saya makan, tapi ketika keluar semuanya air. Gak ada roti, gak ada apel, jeruk, salak, melon yang sebelumnya saya makan.

Setelah kejadian itu after taste-nya tetap gak enak tapi agak berkurang karena saya langsung sikat gigi dan kumur-kumur. Cuman saya jadi mikir, setelah muntah itu badan saya gak lemes, malah justru merasa lebih baik. Saya bisa makan makanan yang lebih banyak tanpa rasa mual. Saya sempet tanya-tanya temen yang udah lebih dulu pada punya anak dan mereka pada bilang memang setelah muntah itu lebih enak, justru kalo ditahan-tahan untuk gak muntah malah jadi gak enak banget. Aneh kan?

Beberapa hari setelahnya saya pergi ke dokter untuk cek apakah si baby Kiu ini berkembang atau tidak. Ketakutan saya tentang apakah si baby Kiu ini berkembang atau tidak akhirnya terjawab, Kiu sehat! Meskipun Ibunya harus berjuang melawan mual untuk bisa makan, alhamdulillah anaknya baik-baik aja. Suami juga senengnya bukan main. Nah, karena saya mengeluhkan mual yang bertahan seharian gak berhenti-berhenti, akhirnya dokter ngasih obat anti mual. Sayangnya ternyata setelah dicoba minum beberapa hari obat itu tidak begitu ngaruh ke mualnya. Tapi lebih ke-memberikan rasa kantuk pada ibu biar bisa melewati beberapa jam mual dengan tidur. Akhirnya saya punya jam tidur baru, yaitu dari jam 10 sampe jam 11 siang.


Meskipun obat anti mual itu gak begitu berpengaruh pada mual yang saya alami, tapi tetep aja saya minum obatnya biar bisa ngasih waktu tidur di siang hari yang lebih baik. Oh ya, saya juga sempet khawatir soalnya semenjak mual itu muncul, saya cuma makan roti, buah sama sayur aja, ya berbekal pengetahuan kalo protein, lemak dan karbo itu gak harus dari nasi dan daging soalnya dua makanan itu bikin mual banget. Nah, ternyata kata dokter pun sama, kalau nasi dan daging bikin mual semakin menjadi, cari alternatif lain, contohnya nasi bisa diganti ke roti, umbi-umbian, dan sebagainya. Lucunya baby Kiu ini masih bertahan dengan pendirian vegetariannya, persis ibunya yang bertahun-tahun menahan muntah. Dokter juga bilang kalo ibu hamil mesti sering ngemil, jadi per dua jam sekali saya pasti masukin sesuatu ke dalam perut, entah itu roti, biskuit, buah sayur, apapun yang masih diterima badan.

Semenjak tahu bahwa baby Kiu sehat, saya jauh lebih bahagia dan berkurang dalam rasa khawatir. Ya maklumlah namanya juga emak-emak baru, meskipun udah banyak orang bilang kalo saya dan bayi gak akan kenapa-kenapa tapi tetep aja khawatir itu selalu ada. Oh ya saya juga berhenti minum susu kehamilan. Dokter bilang gak perlu minum susu hamil kalo gak suka, lagian saya udah coba segala merek dari yang murah sampai yang mahal, yang katanya meredakan mual, menghilangkan mual, alah bullshit aja semua. Padahal saya berharap kalo susu-susu hamil itu bakal menyelamatkan saya dari mual, nyatanya malah enggak. Akhirnya saya minum susu UHT yang biasa diminum dari sebelum hamil, jelas gak mengurangi mual tapi kan rasanya saya lebih suka jadi meskipun mualnya berlanjut tapi masih bisa ditolerir.

Soal cemilan, awalnya saya mengkhususkan harus biskuit dengan oatmeal, ah sekarang ini saya jauh lebih bahagia dengan nyemilin apapun yang bisa saya cemil. Keripik singkong, keripik talas, keripik pisang, kadang seblak home made, apa ajalah. Sempet juga tanya ke dokter soal pantangan makanan, dokter cuma bilang yang dipantangi adalah yang "kebanyakan", jadi kalo masih dalam taraf wajar ibu hamil bisa makan dan minum apapun.

Ibu hamil jangan makan salak, itu propaganda apaan? Salak itu memang bikin tenggorokan kering, tapi kalau konsumsi air kita oke, makan salak juga gapapa kok.

Ibu hamil mesti minum susu hamil, itu iklan receh banget. Kalo kita udah biasa minum susu sapi beli dari peternak ya gapapa terusin aja gak usah diganti jadi susu khusus hamil. Yang penting adalah susunya harus steril, dipanasin sampe bergejolak di dalam pancinya ya.

Ibu hamil gak boleh tidur siang nanti anaknya gak mulus, itu kejahatan terhadap ibu hamil namanya. Gak sama sekali, ibu hamil ini secara kasat mata kayak gak kenapa-kenapa, tapi secara molekulernya tubuhnya sedang mengembangkan manusia lain. Tidurin aja kalo kerasa cape, jangan cape-capean!

Ibu hamil gak boleh duduk terus, mesti olahraga, nah ini seteng-seteng nih. Betul ibu hamil jangan duduk terus biar punggungnya gak sakit tapi olahraga untuk ibu hamil yang masih trimester awal juga gak perlu berlebihan kayak orang persiapan mau lahiran. Sabar, nanti kalo si baby udah bener-bener mantap dan resiko keguguran berkurang, maka olahraga untuk persiapan lahiran bisa dilakukan. Kalo belom mah santai aja, jangan dengerin kata orang yang gak jelas sumbernya.

Ibu hamil kalo ngidam mesti diturutin, kalo engga anaknya ileran, gak bu! Gak ada hubungan antara anak ileran sama ngidamnya si ibu yang gak terlaksana. Komunikasikan aja sama orang-orang terkasih untuk lebih perhatian sama ibu hamil dan ngebeliin makanan yang diminta sama ibu hamil. Kalo keinginannya udah gak masuk akal kan gak mungkin diturutin juga.

Nah, segitu dulu deh rangkuman catatan kehamilan pertama edisi drama muntah dan USG kedua. Semoga informasi tentang kehamilan ini ngebantu ibu dimanapun ibu berada. Kalaupun gak ngebantu, gapapa ini cuma sebagai pembunuh waktu saya aja yang kadang bosen. Hehehe. Oh ya, saya gak sabar mau USG jenis kelamin di usia kandungan 4 bulan nanti, tapi mungkin namanya feeling ibu ya, saya tau banget ini Kiu cewek apa cowoknya. Ahaha.

Comments