Honeymoon Trip: Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang

Bulan Januari 2017 lalu, saya dan suami pergi jalan-jalan. Rencana awalnya adalah sekedar jalan-jalan aja mumpung udah sah jadi suami istri, jadi kan bebas tuh pergi-pergi jauh, nginep-nginep asik. Sebelum menikah, Ibu saya ini melarang banget untuk saya pergi sama suami saya, ya memang takut kenapa-kenapa sih, takut terjadi hal-hal yang diinginkan namun tidak diharapkan, takut digrebeg warga disangka pasangan mesum, dan sebagainya. Nah, setelah menikah, bebas dong mau ngapain juga. Waktu itu saya dan suami hanya rencana jalan-jalan aja ke pantai terus pulang lagi. Pantai terdekat dan yang lagi saya pengen kunjungi saat itu adalah Pantai Jayanti. Rute ke Pantai Jayanti ini saya tempuh via Pangalengan.

Wuih banget deh jalannya, mulus banget sih engga yah, tapi disebut rinjul juga engga, ya adalah bolong-bolong, jalan gak rata, jeglong-jeglong mah. Ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, pas di jalan deket Situ Cileunca, saya ketemu sama emak-emak rider tanpa helm rambut diwarna. Si emak-emak ini tanpa liat belakang langsung motong jalan aja gak pake rifting gak pake aba-aba. Jalan saat itu lebarnya paling 3 meteran itupun udah dibagi 2 jalan, ketika si emak-emak sinting ini motong jalan saya, langsung dong suami ngelakson yang keras banget untuk memperingati. Terus saya bilang, "Ati-ati Bu!" Alih-alih si emak rider ini ngeuh kalo dia salah. Dia malah teriak, "Naon siah, wani?" Buat yang roaming, artinya adalah "Mau apa kamu? Berani?" Karena motor saya ada di depan motor si emak-emak ini, di belakang si emak-emak ini ngomel segala macem, gak ngerasa salah sedikitpun. Suami saya panas dong, kalo ada yang harusnya ngambek itu saya dan suami yang hampir celaka gara-gara si emak sinting ini. Si emak-emak ini kemudian nyalip kami sambil bilang, "koplok siah!" Rasanya udah pengen ngajak berantem aja sama si emak sinting itu. Tapi banyakin istighfar, niat jalan-jalannya kan pengen seneng-seneng kok jadi gak enak gara-gara ketemu sama emak-emak yang sifatnya jelek banget kayak gitu? Ini lebih ke pengalaman aja ya, kalo lewat jalan itu mesti ati-ati banget karena kecerobohan kita itu bisa nyelakain orang lain.

Setelah dicek di google map, ternyata jarak Lembang ke Pantai Jayanti ini sekitar 130an kilometer. Itu jauh banget loh, saya pikir bakal bisa dicapai dengan 3 sampe 4 jam perjalanan ternyata engga. Sepanjang perjalanan kita disuguhi hutan-hutan, tebing, kelokan tajam, jalan berkelok-kelok, pokoknya saya sama suami sih menikmati perjalanannya. Tapi agak bingung itu pas mau makan, di google map keliatan warung nasi yang mau kita kunjungi, eh pas dicek di jalan kok gak nemu-nemu? Ternyata mungkin warung nasinya udah tutup atau pindah lokasi. Akhirnya asal pilih warung nasi aja yang penting makan dulu biar gak masuk angin.



Sekitar jam 6 sore kami hampir sampai di Pantai, tapi kami gak jadi ke Jayanti karena kata ibu pemilik warung nasi, Pantai Jayanti kurang bagus dan gak ada penginapan disana jadi mendingan pergi ke Pantai Rancabuaya aja. Nah, akhirnya setelah sekian lama gak liat pantai selatan, liat juga pantai selatan ini. Sebelum sampai di pantainya, kami lebih dulu harus bayar tiket masuk lima ribu rupiah per orang. Setelah itu kami cari-cari hotel dulu, harga hotel disana lumayan sih ya, sekitar 350 ribu rupiah per malam. Harga segitu kita cuma dapet kamar, AC, tivi, kamar mandi di dalam sama minuman seduhan. Akhirnya karena udah keburu malam dan pantai gak keliatan apapun jadi kami tidur aja dulu buat istirahat.

Besoknya, sengaja bangun pagi biar bisa liat sunrise, eh sunrise muncul di balik tebing, jadi gak keliatan kalo dari depan hotel. Karena udah telat banget yaudah menyusuri pantai aja dari ujung ke ujung sampe keringetan. Karena emang rencana awal gak nginep, jadilah gak bawa baju segala rupa, cuma beli celana dalem ganti sama sabun-sabunan aja. Hari itu, setelah puas jalan-jalan, kita mandi dan lanjut pulang. 



Pulang? Wait, did I said pulang? No, pas liat google map, ternyata ada banyak banget pantai selatan lain yang jaraknya deket sama Pantai Rancabuaya. Karena saat itu masih pagi dan kami kayak males banget pulang lewat jalan Pangalengan karena jaraknya ternyata lebih jauh 30 km dari jarak pulang kalo lewat Garut. Jadi sekalian menuju jalan pulang, saya mau nunjukin ke suami pantai tempat sewaktu kecil saya tumbuh.

Pantai pertama adalah Pantai Santolo. Sekitar 5 tahunan lalu pas saya kesini kayaknya belum serame sekarang, sekarang ini udah macem pasar malem aja, tukang jualan membludak di kanan kiri jalan, penginapan-penginapan berjejer persis di pinggir pantai. Di pasar ikannya udah gak jelaslah mana pasar ikan mana parkiran motor. Suami itu langsung kayak bad mood banget pas liat keadaan Pantai Santolo, saya tau persis banget kesenengannya suami kalo liat pantai. Akhirnya kita pergi ke pantai yang kedua.


Pantai kedua adalah Pantai Sayang Heulang. Terakhir saya kesini juga 5 tahunan yang lalu dan waktu itu juga gak serame sekarang. Gila banget, dulu penginapan satu-satunya itu cuma Penginapan Dewi, masih asri, pantainya sepi, gak ada sampah kecuali sabut kelapa muda. Sekarang, jangan ditanya deh, itu tukang jualan sampe jualan persis di bibir pantai. Di pinggir pantai udah macem bekas tawuran aja, sampah dimana-mana, banyak banget warung-warung yang dibangun di pinggir pantai. Jangankan suami, saya aja yang kenal banget sama Pantai ini langsung ilfeel.



Biar suami gak begitu kecewa, akhirnya saya ajakin ke bagian barat dari Pantai Sayang Heulang yang masih ada karang-karangnya. Meskipun keadaannya gak jauh beda, tapi ini masih terselamatkan karena kita masih bisa jalan-jalan di pantainya. Suami mulai meningkat nih moodnya akhirnya bilang pengen pengen nginep sehari dulu. Karena gak punya baju ganti sama sekali, akhirnya kami belanja baju dulu ke pasar. Setelah belanja ke pasar, barulah kami nginep disana. Waktu sore-sore mau jalan-jalan di pantai, eh hujan gede, jadinya cuma nongkrong aja di salah satu warung sambil minum kelapa muda.


Besok paginya, sengaja keluar dari penginapan pagi banget biar bisa ngeliat sunrise dan jalan-jalan di pantai selama masih pasang. Tapi lagi-lagi ada pemandangan yang gak menyenangkan pas di pantai ini. Entah kenapa ada penyewaan jaring kecil buat nangkepin ikan kecil yang terperangkap di karang. Si ikan-ikan ini ditangkap sama anak-anak kecil kemudian dikepruk pake batu sampai mati dan ditinggal gitu aja. Gak cuma ikan, kerang-kerang, kumbang laut, alga-alganya, kayaknya kalo karang bisa dibalikpun bakal dibalikin juga. Rudet banget liat kelakuan orang-orang yang kayak gitu. Entah kenapa anak-anak diajari kepuasan untuk melukai, merusak, mengotori. Entah kenapa juga orang-orangtuanya seolah mendapat kepuasan lebih banyak lagi ketika ngeliat si anak gak menunjukkan rasa cinta sama lingkungan dan alam tempat makhluk hidup lain hidup. Entah kenapa juga itu mang-mang penyewa jaring kok gak ada kerasa luka sedikitpun di dadanya pas liat lingkungan yang paling deket sama dirinya sendiri dirusak orang-orang "pendapatang"?




Sayang sekali, sewaktu kecil saya masih bisa liat bintang ular laut banyak banget di Pantai Sayang Heulang, beberapa tahun ke depan kalau saya bawa anak saya ke pantai, apa yang mau saya ceritain? Gak ada yang tersisa kalo kelakuan kita masih kayak gini. Ngeri.

Pas perjalanan pulang via Cikajang Garut, perjalanan lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan pas perginya. Saya sama suami baru keluar dari penginapan sekitar jam 12 dan udah nyampe di rumah jam 4 sore. Padahal itu kita nongkrong dulu di minimarket sambil makan-makan. Perjalanan via Garut dirasa lebih gampang karena saya hapal banget jalurnya dan waktu kecil emang sering banget main ke Pantai Sayang Heulang. Soal kemulusan jalan sih masih mulus yang via Pangalengan ya, tapi tanjakan sama turunannya gak seekstrim via Pangalengan itu.

Comments