Catatan Kehamilan Pertama

Yes, I am Pregnant! And this is my first pregnancy experience.

I am so excited yet super duper afraid. But I think it's very normal for every single new mom to be to feel those excitement during their pregnancy. As other mom to be, I wonder a lot of questions inside my head. Would it be just fine? Would my kid comfortable down there? But I just tried to make myself sure, yes, I am going to be just fine and it's all gonna be alright.

Telat haid 1 hari, saya langsung nge-testpack aja. Ini bukan yang pertama kalinya, semenjak awal menikah kerjaan saya adalah beli test pack sebulan sekali khusus untuk ngecek. Saya gak mau sok-sok cuek sama anak saya nanti, jadi kalo dia hadir di rahim saya, saya mau semuanya well-prepared. Bedanya sore ketika beli test pack itu adalah kok tumbennya suami bilang, "jadi deh yang ini kayaknya," terus saya ketawa-ketawa sambil bilang, "iya gitu? Liat besok ya" dan suami benar-benar meyakinkan saya kalo menurut dia saya sudah hamil.

Besok paginya, saya bangun subuh seperti biasa dan menyempatkan diri ngecek dulu sebelum sholat subuh. Awalnya saya kaget karena garis yang muncul duluan adalah garis di paling bawah, saya langsung excited banget ini pertama kalinya garis bawah muncul, kemudian sambil menunggu air kencing saya naik ke bagian atas, saya menantikan garis kedua. See kan, warnanya kuat banget, gak pudar-pudar atau tipis, warna dua garisnya super kuat. Saya langsung berasumsi bayi saya sudah besar. Lanjut sholat subuh dulu.


Setelah saya sholat subuh, saya bangunin suami, tadinya mau bikin suprise gimana gitu, tapi udah gak kepikir banget soalnya saya aja udah ga bisa nahan bibir untuk ga senyum. Saya sodorin aja itu test pack ke matanya suami yang masih perih-perih baru bangun. Dan suami, yang mungkin masih ngelindur, nanya, "ini apa?" Agak sebel sih saat itu sebenernya sama suami, padahal kemaren sore kan baru beli test pack, sekarang nanya itu apa, tapi yaudahlah skip aja. Saya fokus aja nyuruh suami baca hasil test pack-nya. "Beneran ini,Yang?"

"Kamu bakal jadi Bapak." Kata saya. Suami saya kemudian bangun, peluk-peluk manja terus ngelus-ngelus perut saya dan dilanjut sholat subuh. Tadinya mau sengaja menahan berita kehamilan saya ini dari keluarga biar sampe pasti dulu pas USG, eh ternyata siapa yang kuat ya? Rasanya udah pengen cepet gendong si baby aja. Akhirnya saya kasih tau ibu saya, bapak saya, adik-adik, mertua, ipar-ipar, dan rame deh akhirnya.

Rencana awalnya juga adalah nunggu dulu ah bulan depanan buat USG, eh lagi-lagi siapa yang kuat ya? Gak sabar banget pengen cepet liat baby, besoknya saya langsung ke dokter untuk ngecek si baby. Dari hasil USG, ternyata yang baru keliatan cuma kantung amnionnya aja, baby-nya belum keliatan. Ini tuh si baby kayaknya baru banget implantasi tapi udah langsung diintip, hahaha. Dokter nyaranin sebulan lagi dateng buat ngecek apakah si baby berkembang atau engga.


Jujur aja, ketakutan terbesar saya adalah ketika si baby gak berkembang, karena kebetulan hamilnya saya ini barengan banget sama temen kuliah S2, dia ternyata gak berkembang embrionya dan luruh. Saya mungkin selenge'an ya jadi perempuan, banyak protes, liar banget pemikirannya, suka ngalador kesana-kesini, tapi saya gak main-main ketika saya bilang saya ingin jadi ibu yang baik. Saya betul-betul berusaha berubah menjadi manusia yang lebih baik untuk anak-anak saya nanti. Dalam ketakutan saya itu, saya ya cuma bisa berdoa, berharap sama Allah semoga Allah yang Maha Baik menjaga janin dalam kandungan saya sampai lahiran dengan sehat nanti.

Dokter sempet nanya apakah saya udah mengalami mual atau belum, dan saya belum mengalami mual pas ke dokter itu. Tapi beberapa hari kemudian saya mual, awalnya saya pikir karena ada makanan basi di dapur, ternyata bukan. Lama-lama mualnya makin parah sampai untuk makan aja saya susah. Akhirnya sampai sekarang, kurang lebih 3 minggu semenjak kunjungan terakhir ke dokter, saya menolak masak di rumah, saya menolak bau masakan di rumah, saya yang biasanya suka banget sama mie goreng instan, eh udah 3 minggu ini saya gak bisa makan itu karena baru mikirin aja udah mau muntah. Biasanya saya suka nasi yang anget, sayur yang anget, makanan panas, minuman anget, sekarang malah gak bisa sama sekali. Nasi itu mesti ditunggu dingin dulu di piring, sayur juga gak bisa masuk selama dia masih berasap-asap, minuman anget malah bikin mualnya makin parah.

Saya juga mengalami ngidam, tapi ngidamnya ini bukan ngidam yang kesukaan saya banget. Ngidamnya justru yang suami suka, contohnya makanan pedas, gorengan di warung. Padahal mah, mana ada saya mau makan gorengan di warung yang gak ngerti itu dibikin kapan, tapi justru makanan yang kayak gitu yang gak bikin saya mual. Saya juga gak suka jajan, meskipun denger tukang jajan bunyi keras banget ya saya tuh cuma sekedar denger tapi ga mikirin apapun, pengenpun engga. Eh, pas lagi hamil, denger bunyi teng-teng-teng-teng mangkok keramik dipukul sama sendok, langsung aja pengen ngecek itu penjual apa. Ada bunyi titut-titut-titut klaksonnya jajanan anak bunyi langsung nanyain ke suami itu bunyi penjual apa. 

Selain ngidam, perubahan paling besar dari tubuh saya adalah tubuh saya sendiri, bukan soal gemuknya, tapi soal bau badan, bau pipis, bau poop, itu semua bau bukan milik saya deh kayaknya. Soalnya bertahun-tahun bau badan saya itu gak pernah rubah, bau pipis juga gitu-gitu aja, bau poop ya sesuai makananlah ya. Eh tapi semenjak hamil, kok ketek saya baunya beda? Kok pipisnya baunya beda? Kok poop baunya beda? Bahkan saya punya jadwal poop pagi-pagi, which is very strange, saya gak pernah poop pagi-pagi kalo bukan mencret. Kok bisa saya poop pagi-pagi?

Perut saya semakin membesar, kata Ibu saya, kalo bayinya ditunggu-tunggu nanti cepet besarnya. Rasanya gak salah, padahal perkiraan saya bayi saya ini baru sekitar 9 minggu, tapi perutnya udah besar, soalnya suami selalu bilang, "baby cepat besar, Bapak gak sabar ketemu baby" begitupun saya, "baby ayo makan yang banyak, biar sehat dan cepat besar"

Biar lucu, baby ini saya panggil baby Kiu. Kiu itu dari singkatan Kikit dan Ujang, nama saya dan suami. Kiu, Ibu sama Bapak sayang sekali sama kamu, ayo sehat, cepat besar!

Comments